Pelaksanaan Rapat Koordinasi Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya Tahun 2025 dan Pemberian Penghargaan Kinerja Terbaik Pengadilan Agama Se-Kalimantan Tengah Triwulan I dan II Tahun 2025
Pelaksanaan Rapat Koordinasi Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya Tahun 2025 dan Pemberian Penghargaan Kinerja Terbaik Pengadilan Agama Se-Kalimantan Tengah Triwulan I dan II Tahun 2025
Palangka Raya – Rabu, 25 Juni 2025, Kegiatan Rapat Koordinasi dimulai pada pukul 09.00 WIB bertempat di Aula PTA Palangka Raya. Peserta Rapat Koordinasi ini terdiri dari Hakim Tinggi, Plh. Panitera, Sekretaris, Kepala Bagian, Panitera Muda, Kepala Sub Bagian dan Panitera Pengganti PTA Palangka Raya. Dihadiri juga oleh Ketua , Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama se-Kalimantan Tengah.
Acara dibuka langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya Bapak Drs. H. Tarsi, S.H., M.H. Dalam sambutan beliau menyampaikan bahwa tujuan Rakor tersebut adalah untuk melakukan evaluasi terhadap perjalanan kinerja selama semester pertama, kontribusi kita melalui berbagai kegiatan-kegiatan yang telah kita lakukan, dan dari hasil evaluasi itu akan menjadi inspirasi bagi kita semua untuk menyusun langkah-langkah konkrit tentang apa yang seharusnya kita lakukan di pertengahan sampai dengan akhir tahun 2025 ini.
Indikator keberhasilan seorang aparatur dapat diukur dari aspek kinerja, maka melalui rakor ini dapat dievaluasi sejauh mana kinerja yang telah dilakukan dan bagaimana perilaku di dalam pelaksanaan tugas-tugas tersebut.
Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa reformasi mental dan semangat untuk berubah harus terus ditancapkan dalam keyakinan, sehingga membuat kinerja lebih bergairah. Selain itu, sebelumnya telah dilakukan berbagai jenis kegiatan yang dilombakan oleh PTA Palangka Raya, termasuk cerdas cermat sebagai instrumen untuk meningkatkan gairah dan semangat kerja guna mewujudkan SDM yang lebih baik dan unggul, serta untuk menakar kelebihan dan kekurangan Pengadilan Agama masing-masing.
Kemudian setelah sambutan pembukaan dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya, terdapat beberapa materi yang disampaikan oleh narasumber pada hari pertama, diantaranya sebagai berikut :
- Materi Puspaga, Cegah Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak, serta Upaya Pencegahan Perkawinan Usia Anak oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Provinsi Kalimantan Tengah
- Materi Kebijakan Pimpinan PTA Palangka Raya oleh Ketua PTA Palangka Raya Bapak Drs. H. Tarsi, S.H., M.H.I.
- Materi Kebijakan Pimpinan PTA Palangka Raya oleh Wakil Ketua PTA Palangka Raya Bapak
Kemudian kegiatan Rapat Koordinasi dilanjutkan pada Kamis, 26 Juni 2025 pukul 08.00 WIB dengan beberapa materi, diantaranya sebagai berikut :
- Materi Administrasi Kepaniteraan oleh Plh. Panitera PTA Palangka Raya Ibu Lisnawatie, S.H.
- Materi Administrasi Kesekretariatan oleh Sekretaris PTA Palangka Raya Bapak Abdul Rifai, S.H.I., M.H.
Pemaparan materi Rapat Koordinasi selesai dilaksanakan pada pukul 11.30 WIB kemudian ishoma dan dilanjutkan dengan acara pemberian penghargaan (reward) kepada Pengadilan Agama Berkinerja Terbaik Se-Kalimantan Tengah Triwulan I dan Triwula II Tahun 2025. Harapannya dengan adanya apresiasi kepada PA yang berprestasi, maka akan meningkatkan kinerja PA se-Kalimantan Tengah untuk kedepannya.
Penghargaan ini didasari oleh SK Nomor 658/KPTA.W16-A/SK.OT1.6/VI/2025 dengan perihal Penetapan Pengadilan Agama yang Berkinerja Terbaik se-Kalimantan Tengah Triwulan I Tahun 2025 dan SK Nomor 659/KPTA.W16-A/SK.OT1.6/VI/2025 dengan perihal Penetapan Pengadilan Agama yang Berkinerja Terbaik se-Kalimantan Tengah Triwulan II Tahun 2025 yang disusun oleh tim penilai dari PTA Palangka Raya. Penghargaan ini terdiri dari 18 kategori pada Triwulan I dan 20 kategori pada Triwulan II.
Kemudian setelah semua rangkaian Rapat Koordinasi selesai, dilaksanakan Acara Penutupan yang dipandu oleh Ibu Herliany Guspitawati, S.H.I., M.H. sebagai Pembawa Acara dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua PTA Palangka Raya Bapak Drs. H. Tarsi, S.H., M.H.I. (tim redaksi)